PSIKOLOGI MANAJEMEN
A.
Pengertian
Psikologi Manajemen
Psikologi manajemen adalah orang yang
mengatur pekerjaan diantara berbagai kelompok untuk mencapai sasaran yang
bertanggung jawab membuat rencana, mengatur atau memanage untuk mencapai
sasaran tertentu.
·
Kaitannyadenganpsikologi:
Ilmupsikologi yang memangberpusatpadamanusia,
mampumengintervensiberbagaifaktor internal manusiasepertimotivasi, sikapkerja,
keterampilan, dstdenganberbagaimacamteknikdanmetode,
sehinggabisadicapaikinerja SDM yang setinggi-tingginyauntukproduktivitasperusahaan.
B.
Organisasi
Organisasi adalah suatu kelompok manusia
yang bekerjasama dalam suatu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama.
·
Organisasi
(Industri)
Ø Dapatdipandang sebagaisistemterbuka
Ø Sistemdilingkupiolehsuatubatassistem
·
Proses timbulnyaorganisasikerja/industri
Ø Berdasarkanperencanaan
Ø Mulaidarisatu orang
C.
Kelompok
Kelompok
adalah sejumlah orang yang memiliki harapan yang sama satu dengan yang lainnya
dan memiliki serangkaian hubungan sosial yang khas, dan mempersepsikan diri
mereka sendiri sebagai kelompok.
·
Kelompok Formal
Kumpulan
dari dua orang atau lebih dengan tugas dan tanggung jawab dengan tujuan
bersama.
·
Kelompok Informal
Kumpulan
dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan
bersama yang secara spontan antara sejumlah tenaga kerja.
D.
Interaksi
AntarAnggota Kelompok
Interaksi adalah hubungan timbal balik
yang menghubungkan komunikasi dan perubahan perilaku. Tipologi dari kelompok
kerja yang didasarkan pada sifat dan intensitas interaksi:
·
Kelompok Interaksi
·
Kelompok koaksi
·
Kelompok Konteraksi
E.
Fungsi
Manajemen
Fungsi
Manajemen terdiri dari empat fungsi utama yaitu :
·
Planning ( Perencanaan
)
Suatu aktifitas, tujuan
perusahaan yang berbagai rencana untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditentukan.
·
Organizing (
Pengorganisasian )
Suatu aktifitas dalam
sumber daya manusia dan sumber daya fisik yang dimiliki oleh perusahaan untuk
bisa melaksanakan rencana yang sudah ditetapkan untuk mencapai tujuan utama
perusahaan
·
Directing ( Pengarahan
)
Merupakan fungsi untuk
meningkatkan efektifitas dan efesiensi kinerja dengan optimal dan menciptakan
suasana lingkungan kerja yang dinamis.
·
Controlling (
Pengendalian )
Merupakan kegiatan
dalam menilai suatu kinerja yang berdasarkan pada standar yang sudah dibuat
perubahan atau suatu perbaikan apabila dibutuhkan
F.
Sumber
Daya
·
Sumber Daya Manusia
·
Sumber Daya Informasi
·
Sumber Daya Fisik
·
Sumber Daya Keuangan
·
Sumber Daya Alam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar