Selasa, 03 November 2015

Psikologi Manajemen



PSIKOLOGI MANAJEMEN
A.    Pengertian Psikologi Manajemen
Psikologi manajemen adalah orang yang mengatur pekerjaan diantara berbagai kelompok untuk mencapai sasaran yang bertanggung jawab membuat rencana, mengatur atau memanage untuk mencapai sasaran tertentu.
·         Kaitannyadenganpsikologi:
Ilmupsikologi yang memangberpusatpadamanusia, mampumengintervensiberbagaifaktor internal manusiasepertimotivasi, sikapkerja, keterampilan, dstdenganberbagaimacamteknikdanmetode, sehinggabisadicapaikinerja SDM yang setinggi-tingginyauntukproduktivitasperusahaan.
B.     Organisasi
Organisasi adalah suatu kelompok manusia yang bekerjasama dalam suatu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama.
·         Organisasi (Industri)
Ø  Dapatdipandang sebagaisistemterbuka
Ø  Sistemdilingkupiolehsuatubatassistem
·         Proses timbulnyaorganisasikerja/industri
Ø  Berdasarkanperencanaan
Ø  Mulaidarisatu orang
C.    Kelompok
       Kelompok adalah sejumlah orang yang memiliki harapan yang sama satu dengan yang lainnya dan memiliki serangkaian hubungan sosial yang khas, dan mempersepsikan diri mereka sendiri sebagai kelompok.
·         Kelompok Formal
Kumpulan dari dua orang atau lebih dengan tugas dan tanggung jawab dengan tujuan bersama.
·         Kelompok Informal
Kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang secara spontan antara sejumlah tenaga kerja.
D.    Interaksi AntarAnggota Kelompok
Interaksi adalah hubungan timbal balik yang menghubungkan komunikasi dan perubahan perilaku. Tipologi dari kelompok kerja yang didasarkan pada sifat dan intensitas interaksi:
·         Kelompok Interaksi
·         Kelompok koaksi
·         Kelompok Konteraksi
E.     Fungsi Manajemen
Fungsi Manajemen terdiri dari empat fungsi utama yaitu :
·         Planning ( Perencanaan )
Suatu aktifitas, tujuan perusahaan yang berbagai rencana untuk mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditentukan.
·         Organizing ( Pengorganisasian )
Suatu aktifitas dalam sumber daya manusia dan sumber daya fisik yang dimiliki oleh perusahaan untuk bisa melaksanakan rencana yang sudah ditetapkan untuk mencapai tujuan utama perusahaan
·         Directing ( Pengarahan )
Merupakan fungsi untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi kinerja dengan optimal dan menciptakan suasana lingkungan kerja yang dinamis.
·         Controlling ( Pengendalian )
Merupakan kegiatan dalam menilai suatu kinerja yang berdasarkan pada standar yang sudah dibuat perubahan atau suatu perbaikan apabila dibutuhkan
F.     Sumber Daya
·         Sumber Daya Manusia
·         Sumber Daya Informasi
·         Sumber Daya Fisik
·         Sumber Daya Keuangan
·         Sumber Daya Alam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar